Rabu, 05 September 2012

Menginstal Paket Di Ubuntu


Metode yang biasa dipakai untuk menginstal program adalah melalui manajer paket yang akan dijelaskan dalam bab ini. Tetapi, walaupun arsip paket Ubuntu sangat besar, sangat memungkinkan jika Anda ingin menginstal paket yang tidak tersedia dalam arsip Ubuntu. Jika ini terjadi, Anda dapat juga men-download dan menginstal berkas dari situs web lain.
[Perhatian]

Sangat penting untuk memastikan bahwa setiap berkas yang Anda download berasal dari sumber yang aman sebelum Anda menginstalnya.

Ada banyak berbagai jenis berkas paket di Linux. Kebanyakan berhubungan dengan manajer paket untuk distribusi Linux tertentu. Contohnya adalah berkas Paket Debian (berkas .deb), berkas RPM Package Manager (berkas .rpm), dan Tarballs (berkas .tar.

Bagian ini menjelaskan bagaimana menginstal suatu paket.
[Awas]

Tidak ada jaminan bahwa paket tersebut akan sesuai dengan sistem Anda dan tidak akan menerima update keamanan jika Anda menginstal berkas ini. Untuk alasan ini, jika Anda ingin menginstal program, selalu gunakan paket bawaan Ubuntu dari aplikasi yang tersedia melalui manajer paket, jika memang tersedia.
Instal/uninstal berkas .deb

Berkas .deb adalah paket Debian. Berkas paket yang berhubungan dengan Ubuntu mempunyai akhiran .deb karena Ubuntu mempunyai hubungan erat dengan distribusi Debian GNU/Linux. Anda membutuhkan hak akses administratif untuk menginstal berkas .deb (lihat Bab 2, Pekerjaan Administratif).

Untuk menginstal berkas .deb, klik dua kali di berkas. Jika Anda ingin menggunakan Terminal, ketik:

sudo dpkg -i package_file.deb

Untuk meng-uninstall berkas .deb, jangan pilih paket tersebut dari manajer paket. Atau dari Terminal, masukkan:

sudo dpkg -r package_name

Konversi berkas .rpm ke berkas .deb

Jenis lain dari berkas paket adalah berkas Red Hat Package Manager yang mempunyai akhiran .rpm. Tidak direkomendasikan untuk menginstal berkas ini pada sistem Ubuntu. Hampir banyak aplikasi yang sudah tersedia paket .deb Ubuntu. Akan tetapi, jika benar-benar memerlukannya, berkas .rpm dapat dikonversi ke paket .deb dengan menggunakan program alien.

Dalam terminal, ketik:

sudo alien package_file.rpm

Jika Anda mendapatkan error “command not found” atau yang lain, silakan instal alien sebelum mencoba lagi:

sudo apt-get install alien

Instal tarballs

Berkas dengan akhiran .tar.gz atau .tar.bz2 adalah berkas paket yang dikenal sebagai tarballs dan banyak digunakan dalam Linux dan Unix.

Jika tidak tersedia paket untuk Ubuntu di semua repositori Ubuntu, Anda dapat menggunakan baris perintah untuk menginstal dan meng-uninstal berkas Tarball dengan mengikuti instruksi yang ada di dalam paket.

Tarball sering mengandung source code dari program, dan harus di-compile terlebih dahulu untuk dapat digunakan. Untuk melakukan hal ini, Anda perlu menginstal perangkat lunak tambahan

0 komentar:

Posting Komentar

https://www.facebook.com/aolllllll?ref=ts&fref=ts